FULL-TIME / PART-TIME? It's hard to decide

"Tidak Ada Usaha Yang Mengkhianati Hasil..."

Semangat terus blogging ya moms... Dah masuk hari ke 22 #BPN30DaysChallenge2018 (saya sendiri gak nyangka bisa nge-blog tiap hari berturut turut  😁). Cerita sedikit saat awal dapat tantangan ini via email sempat minder karena berpikir "wah kayaknya mustahil kalo aku ikut secara dah lamaaaa banget gak nulis" rasanya otak dah tumpul untuk mengumpulkan 300 kata setiap hari selama 1 bulan.  Tapi entah gimana, rasanya ada dorongan kuat untuk join this competition hehe... Dan sampailah kita di minggu2 terakhir tantangan. Dan aku berpikir 'ternyata kalo kita membiasakan diri menulis setiap hari, 300 kata akan mengalir begitu saja ( sombongnya 😎😏...)

Terus langkah selanjutnya pilih full time atau part-time blogger?

Jujur ini pertanyaan yang cukup sulit untuk ku. Sebagai new blogger yang  masih struggling mempelajari dunia blogging dan di lain sisi tugas sebagai ibu rumah tangga dengan 2 balita yang masih butuh perhatian ekstra  apalagi semua tugas rumah dikerjakan sendiri (karena emang gak punya ART) rasanya menjadi full-time blogger akan cukup berat dilakukan. Masih banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya:
1. Konsisten
Konsisten dalam membagi waktu antara blogging, keluarga, kehidupan sosial karena jika itu semua tidak ditata dengan benar justru akan menjadi bumerang untuk kita sendiri. Selain itu juga konsisten dalam mengupload materi blog. Jangan sampai setelah jadi full-time blogger ketika bosan / jenuh kita malah gak update blog. Ibarat kalo buka toko tuh jam buka & tutupnya harus terjadwal supaya pelanggan kita gak pindah ke lain toko.

2. Menjanjikan
Menjadi full time blogger artinya kita meninggalkan pekerjaan off-line kita dan fokus pada pekerjaan On-Line (Blogging). Pastinya kalo sudah memilih jadi full-time blogger, harus ada hasil yang menjanjikan untuk kita. Gak mungkin kan kita melepas pekerjaan yang memiliki penghasilan tetap dengan blogging yang belum jelas jumlahnya (tetap ya itung-itungan hehe)

3. Konten
Seorang full time blogger harus bisa menyajikan konten yang bisa menarik pembaca. Bisa dibayangkan, dalam waktu bersamaan banyak sekali bloggers lainnya yang mungkin juga posting konten yang sama. Artinya kita harus super kreatif dalam bermain kata sehingga blog kita disukai banyak orang.

4. Jumlah view
Jumlah view yang masih minim gak memungkinkan ku untuk menjadi full time blogger. Karena jumlah view juga menentukan penghasilan yang kita dapat dari blogging.

Tapi terlepas dari hambatan di atas, saya tetap berusaha untuk menjadi part-time yang konsisten dan serius mengerjakan blog, supaya suatu saat nanti bisa menjadi inspirasi untuk lainnya yang akan mulai blogging.

Comments

  1. Jadi content creator macam blog gini harus selalu ada ide dan sesuatu yg diceritakan secara konsisten, supaya nggak mengecewakan pembaca kalo kita jarang update tulisan ya bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bun jd harus tetap berkarya supaya g boring konten yang kita buat

      Delete

Post a Comment

Popular Posts