5 cara menjaga tubuh tetap fit

Assalamu alaikum temman-teman...

Apa kabar pagi ini... Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan umur panjang ya. Berbicara tentang umur panjang, rasanya semua orang pasti menginginkannya. Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari ingin berbuat baik sebanyak-banyaknya, ingin melihat anak dan cucu tumbuh besar dan masih banyak lagi. Tapi itu semua membutuhkan 1 hal yang paling fundamental yaitu kesehatan. Yup...memang umur, rezeki, jodoh dan maut ada di tangan Allah SWT, tapi bisa dibayangkan kalau kita hidup lama tapi dalam keadaan sakit-sakitan? Naudzubillah min dzalik...

Terus ... kita kan masih muda, masih sehat ini. Mending menikmati semua yang kita mau, toh kita hidup cuma sekali. 

NOPE!!! Itu pemikiran yang salah. peribahasa mengatakan "We are what we eat". Apa yang kita konsumsi dan lakukan pada tubuh kita merupakan cerminan kita di masa mendatang.

Sedikit bercerita sedikit ya... Usiaku 29 tahun, 2 bulan  yang lalu BBku hampir menginjak angka 8. Hal ini terjadi karena ketidak sadaranku yang hobi ngemil. Terus apa yang kurasakan pada tubuh? pastinya badan terasa berat, malas untuk bergerak, duduk bersila sebentar aja udah kesemutan. Aku mulai berpikir, ini harus berhenti. I Should change otherwise something bad would happen. Mulailah petualanganku mencari informasi tentang diet/pola hidup sehat. Jangan salah kaprah tentang diet ya guys...banyak orang yang berasumsi kalo diet itu berarti gak makan pagi, gak makan malam (yaiyalah kita kan makan makanan bukan makan waktu hahaha). Setelah mempelajari ilmu2 perdietan, akhirnya aku menyimpulkan beberapa hal yang harus ku lakukan , seperti:

1. Minum air 8 gelas sehari

Hasil gambar untuk air putih
sumber: TribunNews
Sudah sering sekali dimana-mana baik di TV, majalh, sosmed yang mengkampanyekan minum air 8 gelas sehari. emang apa sih manfaat minum air ampe 2 liter? Banyak lho manfaat yang kita dapat, diantaranya metabolisme tubuh lebih cepat, terhindar dari dehidrasi, awet muda . Jadi mulai sekarang jangan malas minum air ya..


2. Makan makanan "Real Food"


Gambar terkaitApa tuh Real Food? Real Food adalah Makanan yang kita dapatkan dari tanah, disinari matahari, tanpa pewarna buatan, tanpa tambahan bahan kimia lainnya. Jadi Real Food itu bahan makanan yang bentuknya masih asli, tidak dalam bentuk kemasan / kalengan. Contohnya: Buah, sayur, daging segar, masih banyak lagi. Makanan kemasan yang sudah melalui proses panjang sudah pasti nutrisinya berkurang (mungkin jg sudah habis). Sedangkan yang dibutuhkan tubuh kita agar bekerja optimal bukan jumlah asupannya, tapi jumlah nutrisinya. Makanan yang Real jumlah nutrisinya masih banyak, jumlah kalori pun sangat rendah sehingga hal inilah yng membuat kita menjadi langsing, karena dari yang biasanya makan dikit kalori dobel berubah menjadi makan dobel kalori sedikit.

3. Olahraga rutin`

Hasil gambar untuk plank yulia baltschun
sumber: Youtube Yulia Baltschun
Olahraga yang sebentar tapi rutin lebih efektif daripada olahraga jarang tapi lama. dalam sehari luangkan waktu 10 menit untuk olahraga (untuk berat?ringannya olahraga bisa disesuaikan dengan kemampuan kita), daripada kita menghabiskan waktu 1 jam zumba tiap seminggu sekali terus setelah itu badan pegel-pegel karena otot2 kita gak terlatih. kalo aku biasanya pilih olahraga HIIT Cardio karena efek afterburn benar2 membakar lemak , untuk caranya kalian bisa search di youtube ya... 



4. Hindari stress

Hasil gambar untuk hindari stres
sumber: cara mengatasi stres.com
memang cukup sulit ya kalo yang 1, soalnya menyangkut pikiran. tapi sebisa mungkin hindari dangan mencari kesibukan, atau dibawa tidur. selain itu tentunya berdoa kepada yang maha kuasa











5. Istirahat cukup

Hasil gambar untuk tidur cukup
sumber: Hello sehat
tidur cukup 6-8 jam perhari efektif untuk memperbaiki kinerja metabolisme kita lho...karena dengan tidur organ2 tubuh kita meregenerasi sehingga ada waktu untuk menyehatkan kembali organ tubuh kita





.
Memang hal-hal di atas terdengar sepele (halah semua juga tau kalo cuma itu) tapi tantangannya adalah "Bisa gak kita menerapkan hal-hal di atas secara berkelanjutan?Bisa gak kita mendisiplinkan diri kita untuk tetap menerapkan pola hidup sehat selamanya?" itu yang sering dilupakan. Masih ada orang yang berpikir diet itu cuma sementara. setelah mencapai body goal, lantas apa nih yang akan dilakukan? Masa makan barbar lagi? ya balik lagi beleber kemana-mana itu lemaknya.
Karena sejatinya Diet itu bukan menahan makan & minum tapi mengubah pola hidup dari tidak sehat menjadi sehat. Kalo kata Mbak Dewi Hughes "Sehat itu WAJIB, Langsing itu BONUS". Yang kutangkap inti dari ungkapan di atas adalah dengan mengubah lifestyle kita menjadi sehat, langsing itu pasti akan kita dapatkan. Karena tubuh kita secara otomatis menormalkan apa-apa yang sudah berlebih dalam tubuh kita, seperti kolestrol, gula darah, asam urat dll.

Nah itu dia tips cara sehat menurut aku. Alhamdulillah setelah 2 bulan ini aku menjalaninya (semoga bisa konsisten) BB ku turun hampir 6 kg. memang gak banyak, karena aku berfokus pada menyehatkan badan.
Semoga bisa jadi inspirasi untuk teman-teman yang lagi galau dengan kesehatan tubuh...
Untuk Inspirasi Diet ku dapatkan dari Yulia Baltschun & Dewi Hughes . Thank you so much you both

salam hangat


Rima


Comments

Popular Posts