Yang lalu biarlah berlalu

Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, jangan pula melihat masa depan dengan ketakutan, tapi lihatlah sekitarmu dengan penuh kesadaran - James Thurber 
Setiap manusia pasti mempunyai penyesalan di masa lalu yang bahkan sulit untuk dilupakan. Namun tugas kita sekarang adalah menatap masa depan. Jangan jadikan penyesalan di masa lalu menghambat kesuksesan kita. Jadikanlah masa lalu sebagai pembelajaran agar kita tidak terjebak di kesalahan yang sama. Pepatah mengatakan "Yang Lalu Biarlah Berlalu ". Kedengarannya mudah sekali namun kenyataannya sulit sekali melupakan yang sudah kita sesali.
Berbicara tentang penyesalan di masa lalu, sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka menyesali hal yang sudah berlalu, tapi saya pengen sedikit curcol tentang masa lalu (apa sih dari tadi gak mulai2)...
sumber gambar: pixabay.com 

jadi di tahun 2004 merupakan tahun pertama saya menjadi siswa SMK tata boga. Sejak saat itu, cooking & baking menjadi hobi yang gak pernah lekang oleh waktu. Setelah 3 tahun menempuh pendidikan SMK, tahun 2006 saya lulus. Rencananya atau lebih tepatnya keinginan saya waktu itu melanjutkan kuliah di Universitas Sahid Jakarta (mengkhayal ketinggian hehe) gara-gara keseringan nonton Master Chef yang pada saat itu sering mempromosikan universitas tersebut. Tapi saya tau hal itu gak memungkinkan. Banyak hambatan yang menghadang seperti biaya & jarak. Akhirnya pengen coba yang di Surabaya (walaupun juga dah tau gak mungkin dengan alasan yang sama). Jadi karena waktu itu masih muda juga, gak mau ambil pusing jadi saya pilih gak kuliah. Namun, di tahun berikutnya, sepupu lulus sekolah (beda 1 tahun ajaran) dan ada rencana kuliah di kota kami sendiri. Rencananya dia ambil jurusan bahasa Indonesia, sedangkan saya ambil jurusan FKIP bahasa inggris (karena basicnya emang suka bahasa inggris). Eh... malah kerabatku gak jadi kuliah sampai sedangkan saya Alhamdulillah bisa menyelesaikan hingga lulus S1. Kalo dinget-inget lucu juga yang awalnya gak ada niatan untuk kuliah malah bisa menyelesaikan. Well that's God will...

Walaupun pada akhirnya saya memutuskan berhenti bekerja dan fokus mengurus keluarga, namun hal ini justru menjadi kesempatan emas ku untuk mengembangkan hobi cooking & baking yang sempat terlupakan hehe...

Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran, masa sekarang sebagai kenyataan dan masa depan sebagai impian dan cita

Comments

Popular Posts