Hotteok ala Skippy

assalamu alaikum wr. wb.

hai mommies n adik2, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu lindungan Allah SWT.

oya moms... ada yang suka nonton Drakor gak? kalo aku suka banget, apalagi kalau adegan makan2 (anakku bilang "kalo mama yang diliat makanan terus") hihihi. Mau gimana lagi, makanan ala kore kelihatan enak banget. Karena penasaran akhirnya ku coba googling salah satu jajanan korea yang bikin aku penasaran banget yaitu Hotteok.
Sedikit gambaran tentang Hotteok, Hotteok adalah jajanan kaki lima (streetfood) sejenis pancake isi yang terbuat dari campuran tepung ketan dan terigu. Diisi gula coklat (brown sugar), madu, kacang sangrai cincang dan sedikit bubuk kayumanis. ada juga yang diisi pasta kacang merah. Paling nikmat disantap selagi hangat, karena itu biasanya Hotteok dijual saat musim dingin. Tapi untuk kita yang di indonesia kan gak ada musim dingin, jadi kapan aja bebas dong (hehehe...alasan supaya bisa makan terus)
Nah kali ini aku pengen coba Hotteok kekinian yang diisi dengan Skippy. Selai kacang yang paling diburu kawula muda saat ini. Beberapa waktu lalu, Skippy meluncurkan 3 rasa baru jadi sekarang skippy punya 5 varian, yaitu
1. Skippy Creamy - terbuat dari kacang yang diproses hingga halus sehingga teksturnya sangat lembut (sesuai dengan namanya "creamy")
2. Skippy Chunky - terbuat dari kacang sangrai cincang sehingga memiliki tekstur renyah
3. Skippy Grape - terbuat dari selai kacang & tambahan selai anggur
4. Skippy Strawberry - terbuat dari selai kacang & selai strawberry sehingga ada paduan rasa asam manis didalamnya
5. Skippy Chocolate - terbuat dari paduan selai kacang & selai coklat yang legit & gurih

Untuk membuat Hotteok kali ini aku pakai Creamy Hotteok, yuk dicatat resepnya
Bahan:
200 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung ketan
1 sdt ragi
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 sdm minyak
200 ml susu hangat
150 ml minyak untuk menggoreng
Filling:
100 gr Skippy Creamy
3 sdm gula halus
1 sdm tepung terigu
100 ml susu cair

Cara Membuat:
1. Filling: Campur Skippy Creamy, gula halus, tepung terigu, susu cair. Aduk rata hingga menjadi pasta. sisihkan
2. Campur, tepung terigu, tepung ketan, ragi, gula pasir, garam, minyak. aduk rata. tuang susu, aduk hingga semua bahan tercampur dan membentuk adonan yang agak lengket. diamkan 1 jam hingga berukuran dua kali lipat.
3. Setelah 1 jam, kempiskan adonan (jangan lupa oles tangan & meja kerja menggunakan minyak) letakkan adonan diatas meja kerja , bagi menjadi 8.
4. Ambil 1 adonan Hotteok , pipihkan dengan menekan-nekan dengan jari tangan beri isian lalu tutup. Lakukan hingga selesai (jika adonan mulai lengket di tangan, oles lagi dengan minyak.
5. Panaskan minyak, Goreng adonan di atas api kecil selama 30 detik masing2 sisi. setelah dibalik tekan adonan supaya berbentuk pipih. Angkat.

Sekarang kita bahas rasanya ya...Setelah aku coba ternyata dari segi tekstur rasa Hotteok mirip dengan bakpia basah (roti gepeng) salah satu jajanan jadul di indonesia. perbedaannya terletak pada cara menggorengnya, kalau roti gepeng di panggang langsung tanpa minyak di atas teflon sedangkan Hotteok di dalam minyak yang cukup banyak (tapi tidak deep fry). Untuk Fillingnya bernar2 lumer dimulut. Rasa Selai Skippy benar2 mendominasi, rasa manis & gurih benar-benar bikin ketagihan
Skippy tidak hanya cocok untuk makanan manis aja lho tapi juga masakan gurih seperti resepku sebelumnya "Tahu Telur Kreasi Skippy" dan rasanya endeusss bangets

Semoga resep kali ini bermanfaat...Selamat Mencoba

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai Perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia

Comments

  1. kelihatan enak. baru denger namanya. sepertinya aku kurang banyak nonton drakor, haha.

    ReplyDelete
  2. Sulit banget namanya, kayak oppa2 korea. :D. Oh iya, aku baru denger selai skippy ini. Next tutorial ini aku coba as dirumah hehe

    http://www*sugatangguh.com/2018/04/jatuh-cinta-dengan-produk-handmade.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bacanya mirip Hotdog cm akhirannya diubah "k"

      Delete
  3. Cuma digoreng tapi hasilnya makyus dan sehat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts