Wisata Kuliner di Kota "Gerbang Salam "

AlBaqarah:172. Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Jumpa lagi di hari Senin nan ceria... Setelah weekend kemarin bersantai ria sekarang waktunya kembali ke rutinitas. Pagi nganter anak sekolah sambil ngerumpi bersama wali murid lainnya 😂😂😂, setelah itu balik ke rumah uprek2 dapur lagi...

Apa aja nih kegiatan kalian saat weekend? CFD-an? Olahraga? Jalan-jalan? Atau Di rumah aja? Kalo kami biasanya di hari libur berarti tutup dapur hehe. Gak ada salahnya sekali2 memanjakan diri dengan mencicipi kuliner yang ada di sekitar kita. Sekarang ini banyak bermunculan cafe & tempat nongkrong yang cocok untuk dijadikan hotspot para kawula muda. Tapi tetap aja kalo punya bocah, rasanya ngafe kok ya gak afdol 😅 (emak2 tim rumah makan 🙋). Berhubung tinggal di Pamekasan, jadi aku akan berbagi sedikit tempat kuliner favorit kami. Berikut 5 daftar warung/ rumah makan favorit keluargaku
1. Nasi kak Farhan

Sebenarnya warung nya tanpa nama, tapi karena sang penjual bernama kak Farhan jadi masyarakat sekitar menamainya "nase'en Farhan : nasinya Farhan" supaya mudah dikenal. Konsep tempatnya sendiri lebih seperti stand yang menjual nasi untuk dibawa pulang. Tapi bisa juga makan ditempat (lesehan).
Menu yang dijual cukup simpel yaitu Nasi Rames, Lontong Gengan (daun kelor). Dan untuk hari Minggu, mereka menyediakan nasi kebuli yang bisa dipesan sebelumnya. Yang menjadi favorit masyarakat disini adalah Nasi Rames. Dengan harga Rp 10.000,- kita mendapatkan seporsi nasi putih, opor telur, semur daging, mie telur, dendeng + sambal mangga. Sangat terjangkau khan... Untuk rasa gak perlu diragukan lagi, aroma bumbunya harum banget meresap ke dalam daging dan telurnya.
Lokasinya ada di Jalan Segara, untuk patokannya di sebelah utara Elzatta (+/- 20 meter).

2. Pecel Blitar Bersaudara

Rumah makan Pecel Blitar Bersaudara merupakan rumah makan dengan cabang terbanyak disini. Total ada 5 cabang. yang aku review kali ini ada di jalan Purba. Konsep rumah makan ini mirip dengan rumah makan Padang, harga per porsi dihitung berdasarkan lauk yang dipilih.
Cuma bedanya lauk tidak disuguhi di atas meja. untuk harganya cukup terjangkau, nasi pecel dengan sayur, perkedel, orek tempe, rempeyek dan sambal tumpeng dibandrol dengan harga Rp 8.000,-. untuk bumbu pecel disediakan dua pilihan: Pedas dan tidak pedas. jadi untuk anak2 masih bisa menikmati. o iya, saat bulan puasa, selalu dibagikan takjil gratis bagi pengunjung yang datang maupun orang yang kebetulan lewat.
ini dia alamatnya:
a. Pecel Blitar Bersaudara 1 (Jl. Purba 11A)
b. Pecel Blitar Bersaudara 2 (Jl. Niaga 19)
c. Pecel Blitar Bersaudara 3 (Jl. Stadion)
d. Pecel Blitar Bersaudara 4 (Jl. KH. Amin Jakfar 56)
e. Pecel Blitar Bersaudara 5 (Jl. Niaga)

3. Nasi Goreng Arema

Menurutku ini warung nasi Goreng kaki lima terenak yang ada di Pamekasan. dengan harga Rp 10.000,- kalian bisa menikmati seporsi nasi goreng yang dilengkapi telur dadar, ayam suwir & acar timun.disini juga menjual Mie Goreng dan Mie Rebus dengan harga yang sama dan gak kalah enaknya. berbeda dengan warung lainnya yang umumnya menggunakan daging ayam, di warung Arema, mie goreng & rebus disajikan dengan irisan daging sapi yang lumayan banyak (kebayang kan gimana gurihnya). Untuk pecinta mie wajib mencoba menu ini. Untuk makan di tempat disediakan , sekarang kalian gak perlu bingung kekurangan tempat duduk lagi, karena sudah ada fasilitas tempat duduk yang memadai.
alamat: di Jl. Stadion (Sebelah SDN Lawangan Daya 2)

4. Bakso Cak Tomo

walaupun cuma bakso, tapi bakso yang satu ini dah berdiri sejak lama (dari cak Tomo masih muda & gondrong sampai sekarang dah jadi kakek hehe). untuk menu bakso ada 3 pilihan: Bakso biasa (Rp 8.000), Bakso Tenis (Rp 12.000), Bakso Kikil (Rp 25.000). Rasanya gurih karena kuah bakso direbus menggunakan tulang dan lemak sapi. Paling enak dimakan pakai lontong (disini juga disediakan). Apalagi sekarang dah masuk musim penghujan (wah jadi ngiler) pas banget untuk menikmati bakso.
Untuk lokasinya ada di jalan segara (50 m arah selatan Masjid Al-Munawwarah)


5. Cozy Cafe

setelah tadi ada 4 warung favorit, sekarang bergeser ke arah cafe ya. Biarpun dah punya bocah, sekali-kali nongki syantik di cafe yuk. Sesuai dengan namanya, konsep cafe ini emang cozy banget. cocok untuk menghabiskan weekend sambil bersantai bersama pasangan. Disini tersedia dua ruangan, Indoor dan Outdoor. Dengan Suasana penerangan yang hangat, bikin suasana makin tenang dan terasa homey. Saat weekend ada Live Musik yang menemani acara malam minggu kita. disini juga tersedia FREE WIFI (Lumayan nih bisa hemat kuota). Untuk menunya rata-rata menu modern dan yang lagi hits. Sepeti Spicy Chicken Wings, Beef Burger, Chicken Burger dan masih banyak lagi. Untuk harga cukup terjangkau untuk ukuran cafe, berkisar di antara Rp 13.000-20.000. Lumayan untuk nongkrong di awal bulan hihihi...
alamat: Jl. Jokotole 37 ( di depan Bank BRI Pusat)

nah, itu dia 5 warung/rumah makan favorit kami. Semoga bisa jadi referensi untuk kalian kalo lagi main ke Kota Gerbang Salam. Untuk sementara, sekian dulu ya reviewnya, kita lanjut lagi di lain waktu.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

QS.Al-Maaidah:88. Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.

Comments

Popular Posts