Fluffy Japanese Pancake ala Skippy

Assalamu Alaikum...

hai semuanya, bertemu lagi bersama saya Rima syamlan. oya moms, kalian pernah gak di waktu sarapan anak2 minta dibuatkan sarapan yang beda dari biasanya (saking bosen nya dengan menu yang itu-itu aja)??? Waduh...kalo udah gini berasa dapat PR yang jawabannya kita disuruh mikir sendiri hehehe
Tapi itu dia tugas seorang ibu. Memastikan seluruh keluarga mendapatkan nutrisi yang cukup setiap saat. Akhirnya, mulailah petualangan menguprek-uprek dapur sendiri (ya iyalah masa dapur tetangga...)
Untungnya minggu lalu baru belanja bulanan, setelah ceki2 daftar belanja... YESSS aku lihat ada Skippy di pantry. Akhirnya berusaha keras cari ide sarapan yang seluruh keluarga suka tapi gak pake lama. setelah googling sebentar akhirnya dapat ide pengen buat pancake ala jepang aja. Karena secara personal aku kurang suka dengan pancake yang teksturnya padat. nah untuk topping nya aku pake Saus Skippy Peanut Butter . Teksturnya yang creamy ditambah rasa kacangnya yang gurih menjadikan Skippy mudah diolah.
Beberapa waktu lalu Skippy melaunching 3 rasa baru yaitu Skippy Chocolate, Skippy Strawberry dan Skippy Grape. jadi total ada 5 varian Skippy dengan yang Creamy & Chunky Skippy. Untuk ukuran Jar nya terdiri dari 170 gr, 340 gr dan 500 gr.
Resep kali ini aku pakai Creamy Skippy... gak perlu lama-lama lagi yuk disimak resepnya

Fluffy Japanese Pancake ala Skippy (untuk 3 buah)

Bahan:
- 2 butir telur (pisahkan kuning & putihnya)
- 30 gr gula pasir
- 30 gr tepung terigu (ayak)
- 1 sdm susu cair
- sejumput garam (seujung sendok aja)
- 1/2 sdt vanilla
- minyak & air
Saus Skippy:
- 50 gr Skippy Creamy
- 1 sdm gula halus
- 1 sdt margarin
- 100 ml susu hangat


Cara Membuat:
1. Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku (cukup 3 menitan karena jumlah telur sedikit)
2. campur kuning telur, tepung terigu, susu cair, garam & vanilla. aduk rata.
3. ambil 1/3 bagian putih telur, campurkan ke dalam adonan tepung. aduk dengan cara melipat (folding). setelah rata, masukkan adonan tepung ke dalam putih telur lalu aduk lagi dengan cara melipat (lakukan perlahan agar udara didalamnya tidak keluar).
4. oles teflon dengan minyak (gunakan kapas supaya minyak tidak menempel banyak di pan). Setelah teflon panas, tuang adonan sebanyak 50 ml (kurang lebih 1 sendok sayur) usahakan agar bentuknya bulat ( tidak harus rapi banget)
5. beri 1 sdm air di atas pan (penggunaan air supaya ada efek pengukusan pada pancake) lalu tutup pan tunggu 5 menit. Setelah 5 menit balik pancake, beri 1 sdm air lagi di atas pan, tutup lagi tunggu hingga matang (gunakan api kecil ya) Angkat
6. Saus: Campur Skippy, gula halus, margarin. tuang air sedikit demi sedkit hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan.
Sajikan Fluffy Pancake dengan Saus Skippy.


kelihatannya sih stepnya panjang banget, tapi ketika dipraktekkan sangat mudah dan cepat lho... Dan rasanya??? Yummy banget...Lembutnya Pancake dipadu dengan saus Skippy yang super Creamy benar-benar memberikan sensasi makan pancake yang beda. aku sendiri gak percaya ada saus seenak ini (jadi nyesel kenapa dari dulu gak pernah buat hehe). Tektur Skippy yang agak padat dan rasa kacangnya yang nendang bikin saus ini kental dan gurih banget. Ternyata Peanut Butter yang awalnya cuma buat olesan roti bisa dibuat beraneka olahan.
jadi makin penasaran deh sama Peanut butter yang satu ini, pengen dikreasikan jadi apa lagi ya???
tunggu postingan selanjutnya yah

Disclaimer:
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai Perwakilan SKIPPY Peanut Butter Indonesia.

Comments

Post a Comment

Popular Posts