Fenomena Sosial Media

Assalamualaikum teman-teman...

Happy weekend semuanya... O iya, kalo weekend gini biasanya apa sih aktifitas kalian? Kasih tau dong 😅
Kalo aku secara dah punya gelar Drs jadi ya (Di Rumah Saja) 😂😂😂 enggak ding, biasanya kalo weekend kami berkumpul bersama keluarga besar ataupun teman (walaupun dah jadi ibu tetap butuh bersosialisasi yes...).
Dulu waktu jaman SMK yang namanya bersosialisasi pastinya harus berkumpul bersama, entah di rumah ataupun main ke rumah teman. Namun seiring berkembangnya teknologi, masyarakat mulai disibukkan dengan gadget, akhirnya yang awalnya menggunakan sosial media untuk bersosialisasi justru menjadikan kita orang yang individualis.
Disini aku ingin membahas sedikit tentang sosial media menurut sudut pandang ku.

"Sebenarnya apa sih sosial media itu? Apa kegunaan,keuntungan maupun kerugian dalam menggunakan sosmed?"

Menurut ku sesuai namanya, sosial media adalah media/ layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk mempermudah kita dalam bersosialisasi. Aplikasi sosmed juga mempermudah kita mendapatkan teman baru.
Tapi, Mengapa dewasa ini justru silaturahmi yang "face to face" semakin berkurang?
Hmm... Ini dia fenomena yang sedang kita hadapi dimana2. Saking digandrungi semua kalangan, orang2 justru lupa untuk mempererat tali silaturrahim kepada orang disekitarnya (ibarat peribahasa "Semut di seberang lautan tampak, sedang gajah di depan mata tidak kelihatan" correct me if I'm wrong 🙏 ).

Terus... Apa dong dampak positif & negatif dari sosial media?

Sebenarnya jika digunakan secara bijak sosmed akan memberi banyak manfaat bagi penggunanya. Seperti berbagi ilmu yang bermanfaat (lumayan kan untuk tabungan akhirat kelak) contohnya
* Berbagi resep masakan
* Berbagi ilmu agama
* Berbagi ilmu tentang kesehatan
* Berbagi ilmu tentang cara mendidik anak
Dan masih banyak lagi hal positif yang bisa kita lakukan di sosial media.

Dalam menggunakan sosmed pun kita harus ekstra hati-hati. Mengingat kejahatan di dunia maya juga bisa dengan mudah mengintai kita. Berikut ini sedikit tips yang bisa aku berikan dalam menggunakan sosial media :
* Jangan terlalu sering update foto terbaru (misalnya hampir semua aktivitas harian kita di upload). Memang itu hak kita tapi untuk mengurangi hal2 yang tidak diinginkan (seperti dikuntit krn mereka kan tau kebiasaan kita... Naudzubillah min dzalik).
* Jangan terlalu terbuka dalam memasang info pribadi. Informasi pribadi seperti alamat, no. HP sebaiknya tidak dipasang untuk publik (kalo aku sih mending gak pasang hehe)
* Jangan mudah terpancing dg rayuan gombal ya... Ini nih yang biasanya terjadi pada anak muda, belum pernah kenal tapi dah ngajak ketemuan. Dan si cewek dengan polosnya mengiyakan karena merasa si dia gak mungkin berbuat hal2 negatif. No... No... No... This is a real world honey not a fairytale 🙅
* Jangan mudah terpancing HOAX
Sekarang ini, berita HOAX sepertinya lagi merajalela 😥. Dibutuhkan kebijaksanaan kita dalam menyikapi berita yang kita terima. Dinas Pendidikan Jabar mengeluarkan tips agar kita terhindar dari HOAX (baca: disini)

So... Siapa nih yang salah??? Sebenarnya kita tidak bisa menyalahkan siapapun dalam menyikapi fenomena sosial media. Kita sendiri yang harus bijak mengatur cara memakai fasilitas yang diberikan oleh sosmed. Makanya dalam peraturan sosial media ada batasan umur pengguna, karena diharapkan usia pengguna yang matang bisa menyaring informasi yang beredar di sosmed.

Ngomongin sosial media emang gak ada habisnya ya, sayang nih anak2 dah rewel minta diajak main. Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari adanya sosial media yach

Until next time...

Comments

Popular Posts